Rabu, 30 Desember 2009

Blog adalah gudang ilmu mendownload Bacaan dari Blog adalah kuncinya

Mungkin sedikit plesetan dari peribahasa sewaktu aku di sekolah dasar, “Buku adalah Gudang Ilmu, Membaca Adalah Kuncinya”. Tapi tidak bermaksud mengajak perseteruan Cuma sekedar numpahi uneg-uneg mengenai mengenai manfaat blog.

Semua orang boleh memiliki blog, adalah media upload penulisan dan data. Untuk tujuan publikasi luas, orang berhak membaca, menyadur ( dengan persetujuan dahulu lebih di sarankan oleh pemilik blog ), atau pun arahan mendownload baik aplikasi dan tulisan-tulisan yang merupakan penumpahan ide dan kresai dari pemilik blog.

Sewaktu Jadul, masih butak kayu, saya agak sedikit kebingungan membuat blog ini. Tapi lama-lama ketagihan. Dan selalu ingin update blog saya, ya saya selalu ingin tahu. Selalu ingin memuaskan bathin dan keinginan. Sampai-sampai rajin bolak-balik ke warnet. Nga tidur nulis konsep di rumah dengan tulisan tangan ( maklum kemarin masih jaman prihatin, atap rumah prioritas utama untuk di ganti ketimbang beli PC ). Tapi Alhamdulillah, sedikit-sedikit dan sumbangan dari “emak” saya terbeli sebuah PC butut Pentium III, alangkah senangnya. Bisa ngonsep tulisan langsung, dan enak copy ke flashdisk sebelum setor ke warnet buat ngeblog.

Awalnya gaptech banget, setiap kali upload boro-boro jadi tuh, tulisan… nyasar mah iya… ampun.. ampun dah…

Apalagi jujur, banget ketika sambilan browsing eh taunya masuk situs ehem..ehm…, buset. Bukanya memperbaiki tampilan malah mindahin yang kayak begituan. Tapi nga munafik sih, sekarang dah males…, ngapain juga !!! lama-lama saya berpikir ini adalah racun yang paling ampuh. Agar user di seluruh jagad ini, keasikan ngeliat begituan. Sampai lupa berkreasi, lupa berbagi dan lupa segala-galanya karena yang “satu itu”.

Coba piker, pengguna internet bukannya berkurang. Malah nambah setiap perjalanan waktu, bukti sebagian besar warnet menjamur seantero jagad sampai tingkat RT. Sampai saya seorang suami dari salah satu petani, selalu di manjakan isteri, gara-gara tampangnya hadir dalam blog ini. Hehehe sungguh luar binase… manfaat blog bagi nuansa romntis.

Nah kalo orang sudah, asik berselancar Cuma singgah di situs porno mulu ? apa yang terjadi. Menghambat imagie anda untuk lebih tau tentang manfaat internet sesungguhnya yang nyaris tak terbendung pertumbuhannya.

Siapa yang di untungkan ? pencipta situs dan kreatornya, mereka selalu bertambah profit dompetnya. Sementara kita ini hanya blengak-blengok ngamati sirkus singa keracunan tuba… kita Cuma tau sebatas user bin pengguna saja. Tanpa bisa memanfaatkan blog itu semula untuk tujuan mulia.

Okelah tujuan yang saya maksud bukan untuk, orang lain. Untuk anda sendiri ? bayangkan seberapa besar ilmu pengetahuan yang di dapat dari share link itu bermanfaat untuk kita. Coba saja buka di “Mbah. Googling” Cara berternak apa saja, mau ternak tawon sampai ternak hiu mungkin ada, mau pake bahasa manusia sampai bahasa planet juga ada… (huss…!!! Emang bisa contact sama alien???).

Nah buat kita, yang kere tapi sombong. Kenapa musti membuang waktu percuma, saja sebagai pengamat saja di setiap pertandingan. Dan hanya di upahi bersorak di depan monitor, atau sudah merasa untung dengan sebuah piranti PC / notebook dan modem ?.

Berapa anda bayar setiap bulannya ? seratus, dua ratus ribu atau bisa membengkak bila terus-terusan mendownload content yang sebenarnya tidaklah terlahu berguna bagi anda… berguna paling Cuma lima menit udah itu, sibuk mikirin cari duit buat isi ulang atau buat akuntansi terinci buat bayar rekening penyedia jasa internet… ???

Ampun dah kalo begini… berarti berapa banyak uang dan waktu anda tersita, hanya demi kesenangan tak tentu rudu. Atau berhari-hari chat n date sampai-sampai tak lagi memperdulikan tujuan semula, bisa jadi monument selingkuh malah… rosak….

Tambah selingkuh ??? baguslah beli isi ulang aja utang… di counter kawan selarat.

Jadi, apa tujuan anda ke warnet ? atau beli modem jika hanya selaku penonton setia ?. lebih baik mari kita belajar berkarya dan membagi bersama. Bukankah itu lebih baik, memberikan umpan balik demi kemajuan bangsa ini ?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Sekali Layar Terkembang, Pantang Surut Berlayar

Seperti air, seharusnya hidup memberi kehidupan bagi makhluk di dalamnya...

By Alexa

Review http://www.national-chev.blogspot.com on alexa.com